Google Translator

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday752
mod_vvisit_counterYesterday1403
mod_vvisit_counterThis week3740
mod_vvisit_counterThis month41674
mod_vvisit_counterAll1938117

DigitalClock

Pemerintah pesimistis target PNBP tercapai PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 20 November 2012

sindonews.com, 20 Nopember 2012

 

Sindonews.com - Kementerian Keuangan memprediksi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tidak akan mencapai target. Dalam Undang-Undang APBN-P 2012, pemerintah menetapkan target pada tahun ini sebesar Rp341,1 triliun.

"Penerimaan Negara Bukan Pajak mungkin agak dibawah dari yang kita harapkan," ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (20/11/2012).

Penyebabnya, menurut Agus, koreksi yang terjadi pada harga dan permintaan impor dari sejumlah negara. Kondisi ini menyusul imbas negatif dari krisis global, yang mengganggu pasar-pasar utama Indonesia. Beberapa sektor komoditas yang menerima dampak tersebut, khususnya sektor minyak dan gas bumi serta hasil tambang lainnya.
"Jadi itu berdampak kepada penerimaan negara bukan pajak kita. Sebagaimana kita ketahui, penerimaan negara bukan pajak kita sebagian besar itu dari migas ya. Migas dan sumber daya alam, itu saya rasa," jelas Agus.

Sedangkan untuk penerimaan dari sektor pajak, Agus cukup optimistis akan mencapai target. "Itu kan sampai tanggal 7 November sudah 75 persen ya. Kita harapkan bisa cepat (mencapai) 100 persen. Kita lihat bahwa memang penerimaan di sisi pertambangan ada sedikit koreksi, tetapi dari sisi penerimaan PPN terjadi peningkatan yang bagus. Jadi, kita masih akan upayakan supaya ini bisa tercapai," pungkasnya.
 
< Prev   Next >